Kemah Bhakti PRAMUKA SMAN 1 Ciamis 2017

PRAMUKA SMAN 1 Ciamis Ambalan Ciung Wanara dan Dyah Pitaloka (CIRADYKA) telah melaksanakan Kemah Bhakti pada hari Senin – Rabu, tanggal 10-12 Juli 2017 di Lapang Desa Gunungsari, Kecamatan Sadananya, Kabupaten Ciamis.
Lokasi ini sangat cocok untuk berkemah karena tidak hanya dekat dengan alam kami pun disana dekat dengan lingkungan masyarakat. Kegiatan ini diikuti oleh anggota PRAMUKA Penegak Bantara kelas 10 yang akan naik ke kelas 11, berjumlah hampir 70 orang dan panitia 35 orang serta didampingi oleh beberapa guru dan IKACIDA (Ikatan Keluarga Ambalan Ciung Wanara dan Dyah Pitaloka).

Tujuan dari kemah Bhakti ini banyak sekal. Diantaranya tidak hanya melatih TEKPRAM tetapi juga bertujuan mendekatkan para anggota dengan alam, melatih kekompakan serta belajar berdiskusi untuk memecahkan masalah dan melatih bersosialisasi dengan kehidupan masyarakat. Oh iya nih teman-teman kegiatan Kemah Bhakti CIRADYKA ini kemah yang asik dan gembira selama kegiatan dari hari pertama sampai hari terakhir kami mendapatkan banyak pelajaran dan pengalaman.

Kegiatan di hari pertama sekitar pukul 13.00 WIB kami melakukan upacara pembukaan Kemah Bhakti PRAMUKA SMAN 1 Ciamis 2017 oleh Bapak Edi Kosasih selaku Bapak Wakasek Kesiswaan SMAN 1 Ciamis dan secara resmi memberangkatkan kami ke Gunung Sari. Setelah sampai di sana kami mendirikan tenda dan beristirahat. Sekitar pukul 16.30 kami mendapatkan materi di lapangan tentang peta pita. Ketika hari sudah malam kami menyambung materi dari kakak-kakak dan berbagi cerita dari kakak Pradana PRAMUKA SMAN 1 Ciamis Ambalan Ciung Wanara dan Dyah Pitaloka.

Di hari kedua kami mengawali dengan shalat subuh berjamaah, olahraga gembira lagu game antar sangga untuk melatih kekompakan dan perlombaan KANIRA, nah di acara ini kita harus masak sendiri dan masakan tersebut akan diberi nilai. Setelah itu, kami melakukan perjalanan melewati alam dan juga pemukiman warga untuk menerapkan materi peta pita serta pengetahuan materi di setiap pos. Setelah melakukan perjalanan, di sore hari kami kedatangan pemateri dari DKC Ciamis  untuk memberikan materi tentang semapore dan Morse serta bapak ustad untuk memberikan materi keagamaan. Ketika malam sudah tiba maka tibalah acara puncak yakni upacara penyalaan unggun api dan penampilan seni dari setiap sangga.

Hari ketiga yakni kami melakukan kerja bakti, gotong royong untuk membersihkan masjid di sekitar lingkungan perkemahan, operasi semut di sekitar lapangan, dan pembukaan tenda untuk persiapan pulang. Sekitar pukul 12.30 WIB kami upacara penutupan yang ditutup resmi oleh Bapak Gunarso selaku pembina PRAMUKA SMAN 1 Ciamis.

Serukan teman-teman ! Nah itu kegiatan Kemah Bhakti PRAMUKA SMAN 1 Ciamis Ambalan Ciung Wanara dan Dyah Pitaloka (CIRADYKA). Yang jelas Dinda bahagia bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini. Dinda dapat simpulkan dari kegiatan ini “jika kamu ingin mendapatkan pengalaman maka lawan rasa malasmu!” Jadi buat teman-teman jika kalian mau punya pengalaman buat nanti diceritakan kepada anak cucu kita dari sekarang juga ayo ikut organisasi yang bermanfaat ya salah satunya PRAMUKA. Karena PRAMUKA tidak mendidik untuk malas tetapi PRAMUKA dididik untuk selalu siap dan sigap dalam keadaan apapun. Dan di Pramuka selalu ada cara untuk menambah keterampilan serta pengalaman kepada setiap anggotanya. Sekian dari Dinda salam PRAMUKA untuk kakak-kakak PRAMUKA dimanapun berada.

Dinda Nursifa
11 IPS 3
PRAMUKA SMAN 1 Ciamis
Ambalan Dyah Pitaloka

Fotografer : Rendi NF

Editor : Rizki Abdillah

Advertisements
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s