Meningkatkan Potensi Wisata Tasikmalaya

This slideshow requires JavaScript.


Tasikmalaya

Pada awalnya, nama yang menjadi cikal-bakal Tasikmalaya terdapat di daerah Sukapura. Sukapura dahulunya bernama Tawang atau Galunggung, sering juga disebut Tawang-Galunggung. Tawang berarti sawah atau tempat yang luas terbuka. Penyebutan Tasikmalaya menuncul setelah Gunung Galunggung meletus sehingga wilayah Sukapura berubah menjadi Tasik (kesik / pasir) dan malaya dari (ma layah yang bermakna ngalayah (bertebaran). Tasikmalaya mengandung arti keusik ngalayah, bermakna banyak pasir di mana-mana.

Tasikmalaya terletak di Priangan Timur, Provinsi Jawa Barat. Tasikmalaya terdiri dari Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Tasikmalaya. Tasikmalaya memiliki potensi di berbagai bidang yang harus dikembangkan, diantaranya obyek wisata Tasikmalaya, kuliner Tasikmalaya, kerajinan Tasikmalaya, bordir Tasikmalaya, budaya Tasikmalaya, dan religi Tasikmalaya. Jika Tasikmalaya dikembangkan menjadi lebih baik, maka jumlah wisatawan yang datang ke Tasikmalaya menjadi lebih banyak.


Kota Tasikmalaya
Kota Tasikmalaya diresmikannya sebagai Kota Administratif Tasikmalaya melalui Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 1976, dengan Walikota Administratif Pertama yaitu Drs. H. Oman Roosman yang dilantik oleh Gubernur Jawa Barat H. Aang Kunaefi. Pada awal pembentukannya, wilayah Kota Administratif Tasikmalaya meliputi 3 Kecamatan yaitu Cipedes, Cihideung, dan Tawang dengan jumlah Desa sebanyak 13 Desa. Pembentukan pemerintahan Kota Tasikmalaya sebagai pemerintahan daerah otonom ditetapkan berdasarkan Undang-undang Nomor 10 Tahun 2001 pada tanggal 21 Juni 2001.

Kota Tasikmalaya memiliki luas sekitar 184,38 km2 yang terdiri dari 10 Kecamatan, yaitu Bungursari, Cibeureum, Cihideung, Cipedes, Indihiang, Kawalu, Mangkubumi, Purbaratu, Tamasari dan Tawang. Kota Tasikmalaya memiliki motto “Kota RESIK (Ramah, Endah Sehat, Iman, Kertaraharja)” yang artinya penghargaan terhadap nilai-nilai luhur / filosofi kehidupan masyarakat Kota Tasikmalaya.

Kabupaten Tasikmalaya
Kabupaten Tasikmalaya terdiri dari 39 Kecamatan yaitu Kecamatan Pageurageung, Kadipaten, Sukaresik, Ciawi, Jamanis, Sukahening, Rajapolah, Cisayong, Sukaratu, Sariwangi, Leuwisari, Cigalontang, Padakembang, Singaparna, Mangunreja, Salawu, Sukarame, Tanjungjaya, Sukaraja, Manonjaya, Cineam, Gunungtanjung, Karangjaya, Jatiwaras, Salopa, Puspahiang, Taraju, Sodonghilir, Bojonggambir, Parungponteng, Bojongasih, Cibalong, Culamega, Bantarkalong, Karangnungal, Cipatujah, Cikatomas, Pancatengah, dan Cikalong. Kabupaten Tasikmalaya memiliki motto “Sukapura Ngadaun Ngora”.

Wisata Tasikmalaya

Objek Wisata di Kota Tasikmalaya

Obyek Wisata di Kota Tasikmalaya
1. Rest Area Urug Kawalu
2. Situ Gede
3. Situ Cibeureum
4. Kolam Renang Tirta Alam
5. Kolam Renang ASIA Dadaha
6. Green Mangkubumi Water Spring
7. TeeJay Waterpark
8. Taman Wisata Sukamulya Aboh
9. Water Splash
10. Kolam Renang Maarif Garden
11. Lingga Yoni
12. Kompleks Olaharaga Dadaha
13. GOR Sukapura
14. Alun – ALun Tasikmalaya
15. Patilasan Purbasari
16. Makam D Sakarembong
17. Makam Abdul Gorib
18. Kawasan Payung Tasik
19. Kawasan Batik Tasik
20. Kawasan Kerajinan Mendong
21. Kawasan Bordir Kawalu
22. Kawasan Kelom Geulis
23. Kawasan Alas Kaki Mangkubumi

Rest Area Urug Kawalu

Rest Area Urug Tasikmalaya terletak di Jalan Tasikmalaya – Karangnunggal (dari Kota Tasikmalaya ke arah Selatan) sekitar 5 KM dari pusat Kota Tasikmalaya, tepatnya di Kampung Urug, Kelurahan Urug, Kecamatan Kawalu, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat dengan luas hutan 300 Ha, status milik Perhutani.

Kondisi udara Hutan Urug sangat sejuk. Pohon-pohon besar tinggi masih terawat sementara jalan raya di dibawahnya, sebelah utara membentang. Beberapa selokan dialiri air jernih dari gunung Urug menujukkan alamnya masih terlindungi oleh tangan-tangan jahil.

Di Rest Area Urug terdapat gapura, 5 saung penginapan, gazebo, rumah makan dan warung makan, fasilitas outbond dan arung jeram. Di Hutan Urug juga terdapat Goa Sarongge dengan koloni kelalawar didalamnya. Hingga kini Goa Sarongge masih jarang yang menjamah, padahal menghadirkan pemandangan yang cukup bagus. Di Hutan Urug juga kini telah dibangun kebun buah, yang akan dijadikan wisata agro, kini masih dalam proses pananaman.

Situ Cibeureum

Sejak terbentuk menjadi situ, awalnya Situ Cibeureum ini tak memiliki nama. Masyarakat setempat menyebutnya dengan sebutan situ saja, tanpa ada sebutan lain. Nama Situ Cibeureum melekat gara-gara di waktu-waktu tertentu, air situ berubah warnanya menjadi kemerah-merahan.

Sejak kejadian memerahnya warna air situ, berkembang pula cerita yang menyebutkan bahwa di situ ini terdapat ikan yang menjadi penghuni situ. Ikan tersebut terkenal dengan sebutan “Si Layung”. Si Layung berupa Ikan Mas yang ukurannya sebesar “tampir” (alat penyaring beras). Kemunculan Si Layung ini akan didahului dengan memerahnya air situ. Bahkan selain ditandai dengan memerahnya air situ, kemunculan Si Layung pun akan ditandai dengan adanya gelombang seperti ombak. Si Layung kerap menampakkan diri kalau tiba musim hujan. Karena air situ waktu itu akan tampak indah kalau tersinari matahari. “

Dari nama Situ Cibeureum inilah, akhirnya daerah di lingkungan itupun namanya menjadi Cibeureum. Kini, nama Cibeureum menjadi nama salah satu Kecamatan di wilayah Kota Tasikmalaya.

Situ Cibeureum terletak di Kelurahan Tamanjaya, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya.

Situ Gede

Situ Gede

Situ Gede

Situ Gede terletak di Kelurahan Linggajaya, Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Tiket Masuk Situ Gede adalah Rp 4.000,00 / orang, parkir motor Rp 1.000,00. Situ Gede memiliki luas sekitar 47 hektar dan ditengah nusa seluas 1 hektar terdapat Makam Eyang Prabudilaya, salah seorang tokoh agama Islam dari Tasikmalaya.

Google Map Situ Gede

Google Map Situ Gede

Selamat Datang di Obyek Wisata Situ Gede

Selamat Datang di Obyek Wisata Situ Gede

Situ Gede selain menjadi objek wisata juga memiliki fungsi sebagai sumber irigasi bagi lahan sawah di sekitarnya. Di Situ Gede terdapat gapura, loket, musola, toilet, jogging track, taman, tempat parker, Gazebo, kios-kios, warung nasi yang menawarkan aneka menu ikan khas Situ Gede, penyewaan rakit, penyewaan perahu motor, tempat memancing dan camping ground.

Rakit Situ Gede

Rakit Situ Gede

Kolam Renang Tirta Alam

Kolam Renang Tirta Alam

Kolam Renang Tirta Alam

Kolam Renang Tirta Alam terletak di Jl. Garuda Samping Timur Pertamina Kota Tasikmalaya.

Kolam Renang ASIA Dadaha

Green Area Wangkubumi Water Spring

Obyek Wisata Mangkubumi

Obyek Wisata Mangkubumi

Green Area Wangkubumi Water Spring terletak di Jl. A.H. Nasution Km. 7 Kecamatan Mangkubumi, Kota Tasikmalaya.

Tiket Masuk :
Umum Rp 10.000,00 / orang
PAUD, TK, RA Rp 6.000,00 / orang

Rombongan Umum
20 – 100 orang diskon 10 %
Lebih dari 100 orang diskon 20 %

Permainan :
Motor ATV Rp 25.000,00 / orang
Sepeda Air Rp 15.000,00 / unit
Flying Fox Rp 8.000,00 / orang

Fasilitas : Kolam renang, Hutan Wisata, Saung Makan, Restoran, Hotel dll.

Mangkubumi

Sepeda Air Obyek Wisata Mangkubumi

Sepeda Air Obyek Wisata Mangkubumi

Contact Person : Buloh hasbulloh (08931220661, 082121856177)

Sumber : Brosur Green Area Wangkubumi Water Spring (Sabtu, 15 Juni 2013)

TeeJay Waterpark Tasikmalaya

Teejay

Teejay

TeeJay Waterpark Tasikmalaya berada di kawasan Asia Plaza Kota Tasikmalaya. Luasnya kurang lebih 2.8 hektar yang dilengkapi dengan wahana bermain yang lengkap, seperti kolam anak, kolam ombak, kolam arus, slider (perosotan), gazebo, ruang medis, loker, toilet, tempat ganti baju, pintu darurat dll. TeeJay Waterpark Tasikmalaya bisa menampung sekitar 1.500 orang. Dengan harga tiket Rp 20.000,00 (hari biasa) dan Rp. 30.000,00 (weekend dan libur nasional).

Taman Rekreasi Mutiara Sukamulya (Aboh)

Taman Wisata Mutiara Sukamulya Aboh

Taman Wisata Mutiara Sukamulya Aboh

Taman Rekreasi Mutiara Sukamulya (Aboh) adalah taman rekreasi Kota Tasikmalaya yang cukup lengkap terletak di Jalan Sukamulya / kurang lebih 400 m dari Gedung Bale Kota Tasikmalaya. Taman Rekreasi Mutiara Sukamulya (Aboh) mempunyai lingkungan taman yang bersih dan asri dan mampu membuat para pengunjung tenang dan rileks. Taman ini mempunyai banyak fasilitas antara lain kolam renang untuk balita, anak-anak dan dewasa, arena bermain anak, mesin ketangkasan, sepeda air, kantin, gazebo, mushola serta koleksi binatang pribadi.

Waterboom Water Splash Tasikmalaya

Water Splash

Water Splash

PT. Arto Banyu Biru
Jl. Brigjen Wasita Kusuma Indihiang Kota Tasikmalaya
Lokasinya berdekatan dengan Terminal Bis Indihiang Kota Tasikmalaya yang berjarak 200 meter.
Tlp. (0265) 345408 / Fax : (0265) 345409
Website/Blog : http://watersplashkita.wordpress.com/

Fasilitas wisata yang tersedia antara lain adalah
– Fun Hose (terdapat ember tumpah, beberapa slide/seluncuran yang dapat digunakan baik oleh anak-anak, remaja maupun dewasa),
– Kolam Batita,
– Main Poll (kolam yang di desain khusus bagi remaja dan dewasa dengan kedalaman air 80 cm, yang mana terdapat slide yang dapat menguji adrenali dengan meluncur dari ketinggiaan 9 dan 13 meter yaitu Extreme Slide dan Extreme Spiral Slide serta ada Tube Slide yaitu meluncur menggunakan Tube/Ban dari ketinggian 9 meter dan panjang 95 meter),
– Whirl Poll ( kolam yang dapat memanjakan para wisatawan, karena ketika berendam di dalam kolam ini akan merasakan pijatan-pijatan dari semburan dan gelembung air yang akan memberikan kenyamanan saat berendam)
– Kolam Arus, Trampoline, Flying Fox, Atv / Motor Mni, Water Ball, Gazebo,
– Loker (tempat menyimpan barang-barang berharga bawaan dengan aman), Poliklinik Kesehatan,
– Life Guard dan Security (petugas yang menjaga keamanan dan kenyamanan pengunjung), Toilet dan Kamar Bilas, HotSpot, dan Foodcourt

Harga Tiket Masuk :
Senin s/d Jum’at Rp 12.000,00/0rang
Sabtu/Minggu/ Hari Libur Nasional : RP. 15.000,-/Orang
Fasilitas : Renang sepuasnya di semua jenis kolam.

Harga Tiket Terusan
Week Day : Rp 35.000,00/orang
Week End : RP 45.000,00/Orang
Fasilitas : Tiket Masuk, Ban, Trampoline 1x, Flying Fox 1x, Extreme Slide (Sepuasnya), Slide Tube

Harga Tiket Paket :
Week Day : Rp 25.000,00/orang
Week End : Rp 35.000,00/orang
Pilihan Paket :
Paket Tube Single
Fasilitas : Tiket Masuk, Tube/Ban Single, Flying Fox, Slide Tube (2x)
Paket Tube Double
Fasilitas : Tiket Masuk, Tube/Ban Double, Trmapoline, Slide Tube (2x)
Paket Extreme Slide
Fasilitas : Tiket Masuk, Tube/Ban Single, Extreme Slide, Slide Tube

Tiket Rombongan
Hubungi Bagian Marketing Waterboom Water Splash
Ade Rohanda .SE (Marketing Spv) : 085322643837 /02655691650
Dadi Fouranky (Marketing Promotion) : 08122094213 /02655692525
Arie Saftari Muslim (Marketing & Graphic Design) : 081220418846
Asep Aman Nugraha (Event & Promotion) : 081323149123 /02657003325

Waterboom Maarif Garden

Logo Maarif Garden
Waterboom Maarif Garden terletak di Jl. Sukarindik Gunung Tujuh Kec. Bungursari Kota Tasikmalaya. Belakang SMAN 2 Tasikmalaya (dilewati angkot 06). Telp. (0265) 7139052 / No. HP 085659211476
Waterboom Maarif Garden ada sejak bulan Februari 2009. Pemilik adalah H. Samsul Maarif.

Waterboom termurah Se Tasikmalaya. Tiket masuk perorangan Rp 5.000,00 dan tiket masuk rombongan diskon 20% (minimal pembelian 25 tiket, hanya berlaku hari Senin s/d Sabtu, kecuali hari libur). Jika membawa kartu member ketika membeli tiket, akan mendapat diskon 20% pada hari Senin sampai Sabtu dan Diskon 10% pada hari libur

Di Waterboom Maarif Garden terdapat Saung, 2 Bak Air Tumpah, 3 kolam renang (kolam balita, kolam anak, kolam dewsa), Aneka Permainan Anak (Becak Mino, Bogel, Flying Fox, Odong-odong dll), Aneka Jajanan dan Terapi Ikan.

Maarif Garden 1

Maarif Garden 2

Sumber : Brosur Waterboom Maarif Garden (Rabu, 12 Juni 2013)

Situs Lingga Yoni

Situs Lingga Yoni Tasikmalaya

Situs Lingga Yoni Tasikmalaya

Situs Lingga Yoni Terletak di Jl. Blok Gunung Kabuyutan Blok Wangkelang Kampung Sindanglengo, Sukamaju Kidul, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya. Lingga dan Yoni merupakan benda tinggalan budaya masa klasik Hindu-Buddha, sebagai lambang kesuburan dari perwujudan Siva dan Durga dihubungkan dengan pemujaan terhadap Dewi Ibu.

Arung Jeram (Rafting) Sungai Citanduy, Tasikmalaya

Sungai Citanduy berada di perbatasan antara Kabupaten Tasikmalaya, Kota Tasikmalaya dan Kabupaten Ciamis. sungai ini cukup lebar dan deras sehingga banyak penggiat arung jeram yang menggunakan sungai ini untuk berarung jeram. Bagi para penggiat arung jeram, Sungai Citanduy di Tasikmalaya dibagi dalam beberapa jalur antara lain Rajapolah – Indihiang – Cigeureung – Karang Resik –  Jembatan kereta Cirahong Manonjaya.

Arung Jeram (Rafting) Sungai Ciwulan
Lokasinya di Kecamatan Kawalu – Sukaraja, Kota Tasikmalaya. Kesulitan arung jeram di sungai ini berada di tingkat 2. Dengan jarak tempuh sekitar 16 KM, Sungai Ciwulan dapat diarungi dalam waktu 3 hingga 5 jam.

ASTRAL RAFTING COMMUNITY
PERUM Almina No. 2 Blok A Jl. Letnan Harun Kota Tasikmalaya Telp. ‎085223637135
Email : astral.rafting@gmail.com

ASTRAL RAFTING Tasikmalaya

Sungai Citanduy 1 (Rajapolah – Indihiang) Rp 100.000,00
Kuota 6 Orang / Perahu, 2 Jam Pengarungan
Fasilitas: Welcome Drink, SOP Pengarungan, Transportasi Lokal, Makanan Kuliner Sunda

Sungai Citanduy 2 (Rajapolah – Cigeureung) : Rp 200.000,00
Kuota 6 Orang / Perahu, 3 Jam Pengarungan
Fasilitas : Welcome Drink, SOP Pengarungan, Transportasi Lokal, Kuliner Resh Area, Rescue Team, Makan

Sungai Citanduy 3 (Indihiang – Karangresik) Rp 275.000,00
Kuota 6 Orang / Perahu, 4 Jam Pengarungan
Fasilitas : Welcome Drink, SOP Pengarungan, Transportasi Lokal, Kuliner Resh Area, Rescue Team, Makan, Bilas

Sungai Citanduy 4 (Karangresik – Manonjaya) Rp 350.000,00
Special Long Trip, Kuota 6 Orang / Perahu; 5,5 Jam Pengarungan
Fasilitas : Welcome Drink, SOP Pengarungan, Transportasi Lokal, Kuliner Resh Area, Rescue Team, Makan, Bilas

Sungai Ciwulan (Kawalu – Sukaraja) Rp 225.000,00
Kuota 6 Orang / Perahu, 4 Jam Pengarungan
Fasilitas : Welcome Drink, SOP Pengarungan, Transportasi Lokal, Kuliner Resh Area, Rescue Team, Makan, Bilas

Alun – Alun Kota Tasikmalaya

Komplek Olahraga Dadaha

GOR Sukapura

Kawasan Petilasan Purbasari

Obyek Wisata di Kabupaten Tasikmalaya

objek-wisata-kabupaten-tasikmalaya

1. Pagerageung (PONPES Suryalaya, Pondok Inabah, Situs Cakrabuana, Situs Geger Sunten)
2. Sukaresik (Cipanas Cipacing)
3. Jamanis (Rest Area)
4. Rajapolah (Pusat Kerajinan)
5. Cisayong (Curug Batu Blek, Curug Badak dan Curug Gado Bangkong)
6. Sukaratu (Obyek Wisata Gunung Galunggung)
7. Padakembang (Curug Citiis)
8. Sukarame (Makam KH. Zaenal Mustofa)
9. Manonjaya (Mesjid Kuno Manonjaya, Agrowisata Salak, Produsen Bedog Galonggong, dll)
10. Cineam (Situs Kabuyutan Nagaratengah, Situs Tapak Sartika)
11. Sukaraja (Museum Sukapura, Batik Sukaraja, Makam Baginjing)
12. Parungponteng (Cipanas Cigunung)
13. Salopa (Situs Bumi Rongsok, Curug Cimanintin)
14. Cibalong (Goa Rangga Wulung, Cipanas)
15. Cikatomas (Goa Cupu Agung, Goa Hulu Kuya)
16. Karangnunggal (Goa Malawang, Goa Arca, Goa Wayang)
17. Pancatengah (Goa Nyai, Goa Ciodeng, Taman Batu Jesper)
18. Cikalong (Pantai Karangtawulan, Goa Cimaranggi, dll)
19. Cipatujah (Pantai Cipatujah, Balap Kerbau di Pantai Cipatujah, Pantai Pamayangsari, Pantai Sindangkerta, Curug Dengdeng)Ciawi (Cipanas Gajawong, Cipanas Pamoyanan, Imah Tasik / Rest Area)
20. Bantarkalong (Pamijahan)
21. Culamega (Situ Denuh, Kabuyutan/Situs Denuh, Goa Potong Kujang, Goa Binuang, Goa Cukuda Hilang)
22. Bojonggambir (Perkebunan Teh)
23. Sodonghilir (Goa Daha, Makam Syech TB.Anggariji)
24. Taraju (Situs Kaputihan, Perkebunan Teh Sumbawa, Situ Cilangla, Goa Dasarongga)
25. Puspahiang (Lokasi Ziarah Tumenggung)
26. Tanjungjaya (Lokasi Ziarah Prabu Linggaswatu, Situ Sanghiyang)
27. Salawu (Kampung Naga, Situs Kertanudin, Curug Panoongan)
28. Cigalontang (Curug Ciparay)
29. Leuwisari (Prasasti Gegerhanjuang)
30. Sariwangi (Malaganti Center)
31. Sukahening (Air Tujuh Rasa)
32. Ciawi (Cipanas Gajawong, Cipanas Pamoyanan, Rest Area Imah Tasik Ciawi)
33. Kadipaten (Kawah Karaha Bodas, Air Tujuh Rasa)

Gunung Galunggung
Gunung Galunggung terletak di Desa Linggajati, Kecamatan Sukaratu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Gunung Galunggung memiliki ketinggian meter. Ada beberapa rute untuk menuju Galunggung, yaitu dari Cilembang – Kec. Bungursari – Kec. Sukaratu – Galunggung / Indihiang – Galunggung / Cisayong – Galunggung / Singaparna – Ciponyo – Galunggung dll.

Jika ingin naik kendaraan umum ke Galunggung bisa naik angkot Jurusan Singaparna – Ciponyo – Cipanas Galunggung (warna biru) dan angkot Jurusan Terminal Indihiang – Cipanas Galunggung (warna hijau).

Pengunjung Obyek Wisata Galunggung membayat tiket Rp 4.200,00 / orang di Gerbang Utama Obyek Wisata Galunggung. Dari Gerbang Utama Obyek Wisata ada 2 jalan, yaitu ke kiri ke Kawah Galunggung dan ke kanan ke Cipanas Galunggung.

Cipanas Galunggung
– Parkir : Motor Rp 1.000,00
– Toilet : Kencing Rp 2.000,00, Mandi Rp 3.000,00
– Mushola
– Warung Makanan
– Kolam Renang
– Wisata Air Panas Galunggung, Wana Wisata Pemandian Air Panas Alami. Tiketnya adalah Rp 10.000,00 / orang. Ada beberapa kolam pemandian air panas, yaitu Pemandian Saninten, Pemandian Maranti, Pemandian Ganitri, Pemandian Rasamala, dan Pemandian Puspa.
– Bak Rendam : Rp 5.000,00 / orang
– Tempat Camping
– Air Terjun

Dari Cipanas Galunggung wisatawan dapat meneruskan perjalanan jalan kecil ke kawah Gunung Galunggung sejauh 3 km.

Cipanas Cipacing
Terletak di Desa Banjarsari, Kecamatan Sukaresik, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat.

Curug Batu Blek, Curug Badak dan Curug Gado Bangkong
Curug Batu Blek, Curug Badak dan Curug Gado Bangkong yang terletak di Desa Santana Mekar, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya. Dari kantor kepala Desa Santanamekar, Curug Batu Blek berjarak lebih kurang 5 Km. Akses menuju lokasi hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua. Dari lokasi pemukiman terakhir, pengunjung harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki melewati hutan dan saluran irigasi. Daya tarik yang dimiliki Curug Batu Blek yaitu adanya 2 air terjun yang berdampingan dalam satu lokasi. Curug ini dinamai Batu Blek karena dinding-dinding batu di samping air terjun memiliki bentuk kotak-kotak yang bentuknya mirip blek atau kaleng kerupuk.

Pantai Cipatujah
Terletak di Desa Cipatujah, Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya dengan luas 115 ha, merupakan pantai berkarang yang kaya akan terumbu-terumbu untuk ikan-ikan bertelur dan berkembang biak. Keindahan Pantai Cipatujah terlihat dari perpaduan hamparan pantai yang landai, gelombang laut yang besar, perkebunan kelapa yang subur, serta hamparan rumput yang luas. Para peternak kerbau yang tinggal di sekitar daerah pantai kerap menggembalakan kerbaunya di padang ini dan sesekali mengadakan atraksi balap kerbau yang diiringi tabuhan pencak, rampak kendang, ditambah angklung yang banyak mengundang orang untuk menontonnya. Suatu pertunjukan budaya setempat yang tentunya menarik untuk disaksikan. Banyak aktivitas pantai yang biasa dilakukan oleh wisatawan ketika berkunjung ke daerah ini, seperti berenang, voli pantai, berjemur, serta memancing di muara sungai Cipatujah.

Pantai Sindangkerta
Pantai Sindangkerta terletak di Desa Sindangkerta, Kecamatan Ciaptujah, Kabupaten Tasikmalaya dan berjarak 4 KM dari Pantai Cipatujah. Pantai Sindangkerta merupakan pantai landai dengan hamparan pasir putih yang mempunyai taman laut (Taman Lengsar) yang mengesankan serta merupakan tempat habitat penyu (celonyamidas) dalam penetasan telur-telurnya.

Pantai Pamayangsari
Pantai Pamayangsari terletak di Kecamatan Cipatujah, Kabupaten Tasikmalaya, berjarak 8 km dari Pantai Cipatujah. Pantai Pamayangsari merupakan pantai yang landai dengan panorama alam pesisir yang khas. Berbatasan langsung dengan tempat konservasi penyu hijau yang langka dan dilindung. disebelah timurnya terdapat pelabuhan nelayan dan tempat pelelangan ikan.

Goa Malawang
Terletak di Dusun Wangunwati, Desa Sukawangun, Kec. Karangnunggal Kab. Tasikmalaya. Goa Malawang merupakan sebuah kompleks gua yang terletak di tengah perkebunan, berupa sekumpulan goa dan ceruk. Masyarakat sekitar menamakan kompleks Gua Malawang dengan bermacam nama, seperti Malawang, Batu Masigit, Keraton, Oyod, dan Gorin. Satu hal yang menarik dari penamaan tersebut adalah Gorin, yaitu nama setempat untuk semacam tempayan air dari gerabah.

Makam dan Gua Pamijahan
Terletak di desa Pamijahan Kec. Bantarkalong. Terdapat Goa Safarwadi (Goa Pamijahan) dan makam Syek Abdul Muhyi. Objek wisata ini dijadikan sebagai tempat ziarah.

Curug Dengdeng

Curug Dengdeng adalah obyek wisata air terjun yang terletak di Dusun Sangkali desa Cogreg, Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat yang berbatasan langsung dengan Dusun Tawang di bagian timurnya .  Diberi nama Curug Dengdeng karena struktur curug yang bertingkat atau membentuk bedengan. Dari kata bedenganlah nama curug di ambil. Hulunya berada di Gunung Raja sedangka hilirnya berada di Sungai Cimedang. Curug ini berada di sungai Cikembang dengan panjang sungai ±20km dengan lebar sekitar 30m.

Curug Dengdeng menyimpan sebuah sejarah. Pada zaman dahulu kala pernah terjadi pertarungan antara dua orang pangeran di curug ini. Perkelahian tersebut terjadi antara Pangeran Jaya Laksana dan Pangeran jaya Nalangsa. Keduanya mengadu kekuatan atau kesaktian (kanuragan). Siapa yang kalah maka akan terlempar ke bagian bawah curug, sedangkan pemenangnya akan bertahan di bagian atas curug. Selain pernah dijadikan sebagai tempat pertarungan, Curug Dengdeng juga pernah dijadikan sebagai tempat persembunyian atau markas DI/TII.

Curug Dengdeng memiliki 3 tingkatan curug. Yang pertama tingginya 13 m, yang kedua 11m dan yang ketiga 9m. Dari tingkat pertama dapat terlihat aliran Sungai Cikembang dan pemandangan alam yang sangat indah, dimana hamparan sawah dan pohon kelapa yang tersebar dibagian bawah dapat terlihat jelas.  Selanjutnya di tingkat dua, akan terlihat indahnya curug tingkat pertama. Begitu lebar. Kebanyakan orang akan mandi dibawah aliran air curug. Sedangkan di bagian curug yang ketiga akan terlihat curug secara keseluruhan. Curug akan terlihat jelas membentuk bedengan dan memantulkan cahaya matahari. Arus sungai tidak begitu deras, namun dibagian ujung curug kita harus hati-hati. Selain arusnya yang deras, batu-batu di dasarnya juga cukup licin. Selain itu, terdapat banyak lubang-lubang kecil maupun besar yang cukup dalam. Sehingga kita harus selalu memperhatikan jalan. Air sungai tidak terlalu jernih, api tidak juga kotor. Sungai juga menjadi sumber kehidupan bagi warga, selain untuk mengairi sawah, air juga biasa digunakan untuk mandi dan mencuci.


Situ Sanghyang

Situ Sanghyang terletak di Desa Cibanalarik dan Desa Cilolohan, Kecamatan Tanjungjaya, Kabupaten Tasikmalaya, berjarak sekitar 25 km dari pusat kota Tasikmalaya, dengan luas area sekitar 37 ha. Situ Sanghiyang memiliki daya tarik karena airnya yang tak pernah surut dan alam sekitarnya yang sangat rindang. Selain panorama alam yang indah dilokasi tersebut terdapat Situs Prabu Linggawastu. Di sekitar makam kuno ini dapat ditemukan batu pancalikan, yaitu tahta yang terbuat dari batu dan digosok secara halus sampai mengkilap. Tahta ini hanya digunakan pada upacara penobatan. Di atas tahta itu calon raja diberkati oleh pendeta tertinggi.

Cikalong (Pantai Karangtawulan, Goa Cimaranggi, dll)

Jamanis (Rest Area)

Curug Citiis

Curug Citiis

Curug Citiis

Curug Citiis adalah objek wisata air terjun yang terdapat di Desa Padakembang, Kecamatan Padakembang, Kabupaten Tasikmalaya, 20 km dari Kota Tasikmalaya. Karena berada di dataran yang cukup tinggi, airnya sangat dingin terutama pada sore hari. Selain pemandangan air terjun disini terdapat pula makam Eyang Prabu Semplak Waja, Eyang Tajimalela dan Eyang Susuk Tunggal.

Air yang ada di curug ini berasal dari Gunung Guntur yang memiliki 2 buah mata air, yakni mata air yang mengalir ke Curug Citiis sendiri, dan mata air panas yang mengalir ke daerah Cipanas. Dengan wisata alam yang terbuka, tempat ini seringkali dijadikan tempat untuk melakukan beberapa aktifitas antara lain tracking, hiking, camping, maupun sekedar menikmati sajian pemandangan alam yang begitu indah. Disini juga sering digunakan sebagi tempat untuk kegiatan fotografi.

Manonjaya (Mesjid Kuno Manonjaya, Agrowisata Salak, Produsen Bedog Galonggong, dll)

Sukaraja (Museum Sukapura, Batik Sukaraja, Makam Baginjing)

Cipanas Cigunung
Cipanas Cigunung terletak di Desa Cigunung, Kecamatan Parungponteng, Kabupaten Tasikmalaya.

Curug Cimanintin

Curug Cimanintin

Curug Cimanintin

Curug Cimanintin terletak di Kampung Babakan Joho, Desa Tangjungsari, Kecamatan Salopa, Kabupaten Tasikmalaya. suasananya sangat sejuk dan enak untuk di kunjungi selain itu dalam melakuan perjalanan tidak begitu jauh dari pemukiman warga sekitar.

Cibalong (Goa Rangga Wulung, Cipanas)

Goa Cupu Agung dan Goa Hulu Kuya
Goa Cupu Agung dan Goa Hulu Kuya terletak di Kecamatan Cikatomas, Kabupaten Tasikmalaya.

Pancatengah (Goa Nyai, Goa Ciodeng, Taman Batu Jesper)

Ciawi (Cipanas Gajawong, Cipanas Pamoyanan, Imah Tasik / Rest Area)

Culamega (Situ Denuh, Kabuyutan/Situs Denuh, Goa Potong Kujang, Goa Binuang, Goa Cukuda Hilang)

Bojonggambir (Perkebunan Teh)

Sodonghilir (Goa Daha, Makam Syech TB.Anggariji)

Taraju (Perkebunan Teh Sumbawa, Situ Cilangla, Goa Dasarongga)

Situ Cilangla
Situ Cilangla terletak di Kampung Cilangla, Desa Raksasari, Kecamatan Taraju, Kabupaten Tasikmalaya, berjarak 30 KM dari Pusat Pemerintahan Kabupaten Tasikmalaya. Situ Cilangla memiliki sejarah dan cerita unik (versi : Masyarakat) dan memiliki daya pesona nan indah serta sangat berpotensi untuk digali dan di tata sebagai area wisata air, wisata agro dan wisata alam.

Berdasarkan cerita rakyat yang berkembang pada masa sebelum kemerdekaan, di wilayah Taraju hiduplah seorang Petani yang luhur budi dan luhur ilmu, serta memiliki rasa kepedulian pada lingkungan yang sangat tinggi bernama Mbah Laya (Sunda : Abah Laya).Beliau berinisiatif membedah tanah yang dikelilingi oleh bukit/pasir di sekitar Cilangla Timur yang merupakan arah hilir dari mata air induk di Cilangla Barat. Selama beberapa waktu lamanya, melalui pengorbanan tenaga, pemikiran, waktu bahkan materi maka proses pembedahan tanah untuk lokasi pemuaraan air hasil kerja sang Mbah akhirnya selesai. Terbentuklah bentangan Situ / Danau Cilangla yang memiliki panjang kurang lebih 1 KM, yang terbentang dari mata air Kampung Cilangla hingga kampung Ciwalahir Desa Raksasari (waktu itu masih berada pada wilayah administratif Desa Taraju, KecamatanTaraju, KabupatenTasikmalaya.

Curug Panoongan
Curug Panoongan terletak di Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya. Curug Panoongan berasal dari air yang mengalir di tebing Gunung Galunggung dimana aliran airnya dari atas danau di kawah gunung yang jaraknya hampir dua kilometer.

Curug Ciparay

Curug Ciparay
Curug Ciparay terletak di kaki Gunung Karacak dan Gunung Dinding Ari, Kampung Parentas, Desa Cidugaleun, Kecamatan Cigalontang, Kabupaten Tasikmalaya. Berjarak 40 km dari arah kota Garut atau 30 km dari Tasikmalaya ke arah Singaparna. Jika dari arah kota Singaparna berjarak sekitar 25 atau 6 km dari kecamatan Sariwangi. Kondisi jalan dari Sariwangi dan Singaparna sudah cukup bagus dan beraspal sehingga dapat dilalui kendaraan roda dua dan empat, hanya beberapa kilometer sekitar 19 km yang kondisinya kurang bagus.

Pintu masuk ke lokasi dari bunderan kota Singaparna (ada papan penunjuk) ke arah utara ke Gunung Galunggung. Waktu tempuh sekitar 1 jam menggunakan kendaraan roda dua hingga mencapai pintu masuk. Bagi yang menggunakan kendaraan umum tersedia juga angkutan umum berupa angkutan pedesaan berwarna kuning. Sayangnya hanya sampai ke daerah Cidugaleun atau 8,7 km dari Kampung Parentas. Dari pemberhentian terakhir angdes ini perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki atau naik ojek, dimana satu-satunya sarana transportasi yang ada untuk menuju kesana, hingga tiba di pintu masuk.

Selanjutnya perjalanan diteruskan dengan berjalan kaki sekitar 2 km (waktu tempuh berkisar 20-30 menit) melewati jalan setapak. Kondisi jalan yang dilalui berupa bebatuan menurun dan cukup terjal. Sebelum sampai ke lokasi curug terlebih dahulu melewati jembatan lapuk sepanjang 1,5 m.

Curug Ciparay memiliki 2 buah air terjun yang indah, dan juga dinding-dinding batu yang dialiri air juga menambah keindahan curug ini. Curug pertama memiliki debit air yang sangat besar. Sedangkan curug kedua debitnya kecil sehingga dapat digunakan untuk mandi atau berendam karena kolam penampungan airnya hanya selutut orang dewasa. Curug Ciparay yang memiliki ketinggian sekitar 75 m dan 55 m ini berada di wilayah BKPH Singaparna dan KPH Tasikmalaya.

Fasilitas dan Akomodasi : adanya jalan setapak yang sudah rapi menuju air terjun dan tersedia beberapa bangunan warung makan, akan tetapi kosong tidak ada yang berjualan.
Harga tiket masuk : Rp 3500 per orang.

Malaganti Center
Malaganti Center terletak di Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya

Sukahening (Air Tujuh Rasa)

Ciawi (Cipanas Gajawong, Cipanas Pamoyanan, Imah Tasik / Rest Area)

Cipanas Gajawong

Pemandian Air panas dari sumber mata air panas alami dari bawah tanah. Telah ada sejak lama. Ditemukan oleh para penjajah jepang yang kemudian membangun tempat pemandian air panas alami secara sederhana. Kemudian di kembangkan oleh Bapak Haji Iding Komarudin (alm.) pada sekitar tahun 1970. Pemandian air panas ini masih ada sampai sekarang dan masih banyak menarik para pengunjung.

Karaha Bodas

Obyek Wisata Karaha Bodas terletak antara Kabupatan Tasikmalaya dan Kabupaten Garut, yang tepatnya terletak di wilayah Desa Kadipaten, Kecamatan Kadipaten Kabupaten Tasikmalaya. Obyek wisata Karaha Bodas dengan jarak sekitar 5 km dari pintu masuk Desa Kadipaten, dari arah jalan raya Tasikmalaya – Bandung. Di Obyek Wisata Karaha Bodas terdapat panorama alam pegunungan, kebun strobery, sayuran dan kawah gunung api Talaga Bodas. Kawah Karaha Bodas tersebut berpotensi sebagai Geologi Geotermal, maka dari itu PT Pertamina Geotermal Energi (PGE) melakukan pemanfaatan panas bumi  sebagai sumber energi pembangkit tenaga listrik  dengan kapasitas sekitar 30 MW.

Wisata Budaya Tasikmalaya

Kampung Naga
Kampung Naga terletak di Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya. Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah, di sebelah Barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga. Di sebelah Selatan dibatasi oleh sawah-sawah penduduk, dan di sebelah Utara dan Timur dibatasi oleh sungai Ciwulan yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray di daerah Garut. Jarak tempuh dari Kota Tasikmalaya ke Kampung Naga kurang lebih 30 kilometer, sedangkan dari Kota Garut jaraknya 26 kilometer. Untuk menuju Kampung Naga dari arah jalan raya Garut-Tasikmalaya harus menuruni tangga yang sudah ditembok (Bahasa Sundanya sengked) sampai ke tepi sungai Ciwulan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dengan jarak kira-kira 500 meter. Kemudian melalui jalan setapak menyusuri sungai Ciwulan sampai ke dalam Kampung Naga.

Situs Gunung Cakrabuana
Puncak tertingginya memiliki ketinggian 1721 meter diatas permukaan laut. Gunung ini memiliki sejarah penting dalam perjalanan peradaban Sunda. Pada masa lalu merupakan tapal batas antara Kerajaan Galuh dan Kerajaan Pakuan Pajajaran, ini terlihat pada situs tugu batu jejer yang berada di puncak gunung ini. Pada masa perang Kemerdekaan tempat ini adalah jalur utama Long March Divisi Siliwangi menuju Yogya dan saat kembali dari Yogya. Dan di tempat inilah terjadi pertempuran antara Pasukan TNI Siliwangi melawan pemberontak DI/TII yang menewaskan banyak prajurit TNI yang baru tiba dari Yogya. Karena merupakan daerah strategis yang dikuasai DI/TII maka gunung ini termasuk ke dalam sasaran operasi TNI yang bernama Pagar Betis untuk menumpas pemberontak DI/TII. Saat ini Cakrabuana merupakan tapal batas antara 3 kabupaten yaitu Kabupaten Garut (Malangbong), Kabupaten Tasikmalaya (Pagerageung) dan Kabupaten Majalengka (Lemah Sugih).

Situs Geger Sunten
Luasnya mencapai 6 hektar dan dirimbuni oleh pohon mahoni. Ada 6 puncak bukit yang penting untuk disinggahi, yaitu Pasir Padaringan, yang dulunya merupakan tempat yang dijadikan penyimpanan logistik.

Pasir Kingkilaban, tempat untuk membuat senjata dan pusaka yang dikelola oleh Ki Anjali. Pasir Kandaga tempat untuk pendidikan dan pangaweruh. Pasir Bhayangkara, tempat untuk latihan olah keprajuritan, Lengkob, sebagai wilayah hunian atau tempat tinggal. Dan terakhir adalah Puncak Geger Sunten yang merupakan tempat sakral yang digunakan untuk mencari wangsit dan ritual keagamaan.

Di Puncak Geger Sunten terdapat 3 tempat yang disebut Puncak Lingga, Pasir Angin dan Cikahyangan. Tempat inilah yang sering dikunjungi oleh peziarah. Situs ini memiliki kaitan erat dengan situs Karang Kamulyan.

Di area gerbang masuk situs yang letaknya di lembah, telah ditata dengan berdirinya beberapa saung bambu tidak permanen. Saung tersebut dipergunakan untuk mushola, bale paniisan, dan bale sawala. Terdapat pula dua tampian yaitu tempat mandi bagi peziarah yang ingin membersihkan badannya sebelum mendaki puncak-puncak keramat. Sedangkan di pelataran yang lebih tinggi terdapat saung kecil yang menaungi padasan air yang dikelilingi oleh batu-batu unik yang merupakan benda cagar budaya. Saung ini dipergunakan pula sebagai tempat menyimpan sasajen.

Konon di lokasi situs Geger Sunten banyak ditemukan benda-benda yang disinyalir peninggalan jaman Aki Balangantrang. Namun temuan tersebut masih dirahasiakan keberadaannya. Areal pesawahan yang berada di depan situs, dulunya merupakan telaga yang bernama Telaga Arum. Di tempat itu banyak ditemukan fosil kijing dan kerang.

Balap kerbau di Pantai Cipatujah Kab. Tasikmalaya

Wisata Religi Tasikmalaya
Tasikmalaya dikenal sebagai Kota Santri, khususnya di era sebelum 1980-an karena hampir di seluruh di wilayah ini tersebar pondok pesantren yang mengajarkan agama Islam, baik pondok besar maupun kecil, bahkan melahirkan tokoh perjuangan nasional di antaranya adalah KH. Zainal Mustofa.

Di Tasikmalaya banyak terdapat pondok Pesantren, diantaranya Pondok Pesantren Cipasung (di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya), Miftahul Huda (di Kecamatan Manonjaya, Kabupaten Tasikmalaya), Cintawana (di Kecamatan Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya), PONPES Suryalaya (di Kecamatan Pagerageung, Kabupaten Tasikmalaya), PONPES  Fathiyyah Al-Idrisiyyah / FADRIS) (di Kampung Pagendingan, Desa Jatihurip, Kecamatan Cisayong, Kabupaten Tasikmalaya) dll.

Wisata Kuliner Tasikmalaya

Kuliner / makanan adalah kebutuhan pokok manusia. Tasikmalaya memiliki banyak tempat kuliner. Diantaranya yang terkenal adalah Tutug Oncom (TO), bubur ayam, mie baso, es campur durian, awug beras dll.

Tutug Oncom (TO) – TO Rahmat : Jl. BKR Dadaha Kota Tasikmalaya

Bubur Ayam Di Tasikmalaya banyak terdapat pedagang bubur ayam, mulai dari yang sudah punya tempat maupun yang di pinggir jalan. Bubur ayam yang paling terkenal di Tasikmalaya adalah Bubur ayam H. Zenal. Beliau sudah lama berdagang bubur ayam di Tasikmalaya.
– Bubur H. Zenal : Jl. Kalektoran Kota Tasikmalaya
– Bubur Ayam Pak Engkus Cabang Cicurug
Kantin TAMARA Jl. Taruma Negara (Depan Kantor Bus Damri) Kota Tasikmalaya

Mie Baso
– Mie Baso Laksana : Jl. Pemuda No. 5 Kota Tasikmalaya, Jl. Mitra Batik Kota Tasikmalaya, dan di Foodcourt Asia Plaza Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Sari Rasa (SR) : Jl. HZ Mustofa Kota Tasikmalaya (dekat Asia Toserba), Jl. Tentara Pelajar (depan Martabak Ramayana)
– Mie Baso Sari Raos : Jl. Siliwangi (UNSIL) Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Tyara Mulya (TM) : Jl. HZ. Mustofa Tasikmalaya (depan Asia Plaza) Tasikmalaya
– Mie Baso Siliwangi : Jl. Galunggung Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Sumatra : Jl. KH. Zaenal Mustofa (Toko Tas Sumatra) Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Widji : Jl. RSU (Depan RSUD) Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Aga (H. Oding) : Pancasila Kota Tasikmalaya, Jl. BKR Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Firman : Jl. Dr. Sukarjo Simpang Lima Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Ojo
– Mie Baso Kurdi : Jl. Gunung Sabeulah Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Loma : Jl. Tarumanagara (seberang SD Pangadilan) Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Gesa : Jl. Ahmad Yani, sebelah Duren si Madu.
– Mie Baso Kiman : Jl. Ahmad Yani (Pasar Pancasila) Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Borju : Jl. Terusan BCA – Paseh Kota Tasikmalaya
– Mie Baso Ceria : Jl. Ahmad Yani (setelah Pasar Pancasila) Kota Tasikmalaya

Mie Ayam
– Mie Ayam Borju : Jl. Terusan BCA Paseh Kota Tasikmalaya
– Mie Ayam Bey-bey

Martabak
– Martabak Ramayana : Jl. Tentara Pelajar Kota Tasikmalaya
– Martabak Laksana : Jl. Pemuda Kota Tasikmalaya
– Martabak Sanframsisco : Jl. Yudanegara Kota Tasikmalaya

Citebak “Spesial Teh Telor” : Jl. Dr. Sukarjo (Simpang Lima) Kota Tasikmalaya

Minuman
– SUMUR SIDOEL

SUMUR SIDOEL

SUMUR SIDOEL

SUMUR artinya Susu Murni
Alamat :
Jl. BKR Dadaha Kota Tasikmalaya
Jl. Siliwangi Kota Tasikmalaya (Malam Hari)
Klik Daftar Menu SUMUR SIDOEL

– Cendol Elisabeth : Jl. HZ. Mustofa Nagarawangi Kota Tasikmalaya
– Sirop Bojong : Jl. Ampera Bojong Tengah Tasikmalaya
– ABG Ice Juice : Jl. Pemuda Kota Tasikmalaya

Rumah Makan
– RM Sarinah : Jl. Masjid Agung No. 20 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 332206
– RM Ampera : Jl. Kalektoran (Masjid Agung Tasikmalaya) Kota Tasikmalaya
– RM Citra Bundo : Jl. Yudanegara No. 51 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 321907
– RM BKR 7 : Jl. BKR No. 7 Kota Tasikmalaya
– RM Saung Hegarsari : Jl. BKR No. 9A Dadaha Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 329099
– RM Baranang Enggal : Jl. Siliwangi No. 10 A Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 2354788
– RM Siliwangi : Jl. Siliwangi No. 95 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 326158
– RM Mina Tirta : Jl. Ir. H. Juanda (By pass) No. 45 Kota Tasikmalaya Telp. 085223055851
– RM Samudra : Jl. Tarumanegara No. 29 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 323000
– RM Saung Gunung Eurih : Jl. Cikurubuk Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 338468
– RM Dapur Desa : Jl. Siliwangi No. 29 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 342453
– RM Saung SS : Jl. RE. Martadinata Jl Panyingkiran I No. 49 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 335855
– RM Cibiuk : Jl. RE Martadinata Kota Tasikmalaya
– RM Saung Gunung Jati : Jl. Letjend Mashudi Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 7075551
– RM Hera : Jl. Letjend Mashudi Kota Tasikmalaya
– RM Jembar : Jl. Letjend Mashudi Kota Tasikmalaya
– RM Sari Alam : Jl. SL Tobing No. 149 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 335208
– RM Singaparna : Jl. Bojong Koneng Kec. Singaparna Kab. Tasikmalaya
– RM SPBU : Jl. Raya Singaparna Badakpaeh Kec. Singaparna Kab. Tasikmalaya

– Kamiyoku Café : Jl. Panyerutan Ruko 1 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 9122211
– Bale Bambu : Jl. Mayor Elang Subandar No. 27 Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 310399
– Joglo Mangkubumi : Jl. Raya Singaparna – Mangkubumi Kec. Mangkubumi Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 325210
– Virleta Gardenresto : Jl. Cikalang Tengah No. 54 Dadaha Kota Tasikmalaya Telp. (0265) 329994

Ayam Goreng
– Ayam Goreng Hen-Hen : Jl. KH. Zaenal Mustofa (perempatan Nagarawangi) Kota Tasikmalaya

Ayam Bakar
– Ayam Bakar Wong Solo

Bebek Goreng
– Bebek Goreng H. Slamet : Jl. Dr. Sukarjo No. 48 Kota Tasikmalaya Telp/SMS (0265) 7060002

– Nasi Timbel Dadaha : Jl. Lingkar Dadaha Kota Tasikmalaya
– Warung Nasi Halaman : Jl. Kalektoran Kota Tasikmalaya
– Warung Nasi Pantai : Jl. Dadaha (Dekat GOR Susi) Kota Tasikmalaya
– Warung Nasi Bu H Ade : Jl. KH. Zaenal Mustofa Padayungan Kota Tasikmalaya

Kupat Tahu
– Kupat Tahu Mangunreja

Soto Ayam / Soto Sapi / Soto Kambing

Lengko Ayam / Lengko Sapi / Lengko Kambing

Sate Ayam / Sate Sapi / Sate Kambing

Nasi Goreng

Bubur Kacang Hijau / Bubur Ketan

Makanan tradisional

Banyak jenis makanan tradisional dari Tasikmalaya, diantaranya opak, rangginang, wajit, dodol, ladu, kue tambang, kuping gajah, kue kering, kue sus, kue tar, kue lapis, kue bibika, kue pia, kue bawang, kue aci, kue terigu, kue uceng, sukro, cangro, uniko, cistik,  kerupuk, tahu, tempe, telur gabus, bolu, agar-agar, cincau, tepung hankue, kacang telur, manisan belimbing, lapis legit, kalua jeruk, kembang gula, kolontong, pastel , kacang kanali, asinan, lontong, keripik singkong, mie bumbu, roti tawar, roti manis, mie basah, chiki, mie jujut, mie gulung, dan telor asin.

Tempat Belanja (Mall) di Tasikmalaya
Toserba Yogya di Jl. KH. Zaenal Mustofa Kota Tasikmalaya dan di Jl. Mitra Batik Kota Tasikmlaya, Asia Toserba, Samudra Toserba, Matahari, Mayasari Plaza (MP), Asia Plaza dan Ramayana Mall Tasikmlaya (segera dibuka).

Kerajinan Tasikmalaya

Pusat Kerajinan Tangan Rajapolah di Kecamatan Rajapolah, Kabupaten Tasikmalaya
Terdapat berbagai macam produk kerajinan dari berbagai macam bahan dan bentuk khas Tasikmalaya.
Imah Tasik

 – Bordir Tasikmalaya di Kecamatan Kawalu Kota Tasikmalaya

Selamat Datang di Sentra Bordir Kota Tasikmalaya

Selamat Datang di Sentra Bordir Kota Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya di Cigeureung – Ciroyom Kelurahan Nagarasari, Kecamatan Cipedes, Kota Tasikmalaya

Batik Tasikmalaya

Selamat Datang di Sentra Kerajinan Batik Kota Tasikmalaya

Selamat Datang di Sentra Kerajinan Batik Kota Tasikmalaya

Kelom Geulis Gobras, Kecamatan Tamansari, Kota Tasikmalaya
Payung Geulis di Kelurahan Panyingkiran, Kecamatan Indihiang, Kota Tasikmalaya

Payung Geulis – Kerajinan Mendong di Kecamatan Purbaratu dan Kecamatan Cibeureum Kota Tasikmalaya, Kecamatan Manonjaya Kabupaten Tasikmalaya
– Kerajinan Pandan
Sandal Tarumah di Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya (Kelurahan Sambong, Mangkubumi)
Kerajinan Boneka Kayu Tasikmalaya
Kerajinan Bambu di Kecamatan Leuwisari Kabupaten Tasikmalaya
– Kerajinan Rotan
– Mebel dari kayu berada di Sindang galih, Gunung Kanyere dan Nagara Kasih dan sekitarnya

Penginapan

Hotel Santika Tasikmalaya

Logo Hotel Santika TasikmalayaDi Kota Tasikmalaya banyak terdapat hotel, diantaranya Hotel Santika Tasikmalaya yang terletak di Jl. Yudanegara N0. 57, dekat Masjid Agung Kota Tasikmalaya. Hotel Santika Tasikmalaya termasuk Hotel Mewah Bintang 3.

Sumber : FB Hotel Santika Tasikmalaya

Selain di Kota Tasikmalaya, Hotel Santika juga terdapat di Bandung, Semarang, Cirebon, Padegiling – Surabaya, Pontianak, Makasar, Bogor, Bangka, Balikpapan, Kuta – Bali, Jemursari – Surabaya, Bengkulu, TMII – Jakarta, BSD City – Serpong Tangerang, Mataram – Lombok, Palu, Siligati Nusa Dua – Bali, Purwokerto dll.

Santika Indonesia Hotels & Resorts adalah salah satu grup hotel di Indonesia dan dikelola oleh PT. Grahawita Santika, unit bisnis Kelompok Kompas Gramedia.

Hotel Santika Tasikmalaya dibuka pada tanggal 24 September 2011, mengelola 97 kamar, ballroom, 2 ruang meeting, restoran, dan kolam renang.

Contact Person Hotel Santika Tasikmalaya
Alamat : Jl. Yudanegara No. 57 Kota Tasikmalaya Provinsi Jawa Barat
Website : http://santika.com/santika-tasikamlaya
Telp : (0265) 329797
Facebook : Hotel Santika Tasikmalaya
Fans Page :
Hotel Santika Tasikmalaya
Hotel Santika Tasikmalaya
Twitter : @santika_ tasik

Referensi
http://www.tasikmalayakab.go.id
http://id.wikipedia.org/wiki/Kabupaten_Tasikmalaya
http://www.disparbud.jabarprov.go.id/wisata/disc-det.php?id=17&lang=id
http://kuliner-tasikmalaya.blogspot.com/2010/12/peta-wisata-tasikmalaya.html
http://luckycenter.blogspot.com/2011/11/tempat-tempat-wisata-di-tasikmalaya.html
http://www.skyscrapercity.com/showthread.php?p=103463814

Wisata Kuliner Tasikmalaya
Group Facebook : WISATA KULINER TASIK
Twitter : @wiskultasik
Website :
http://wiskultasik.com/
http://wisatakulinertasik.com

___________________________________________________________

Peserta Lomba Blog “Hotel Santika Tasikmalaya” 2013
Tasikmalaya Blogging Competition

1. Lisan Kyrana
Kamis, 23 Mei 2013 Wisata Kuliner Tasikmalaya

2. Rizki Abdillah
Sabtu, 25 Mei 20013 Meningkatkan Potensi Wisata Tasikmalaya

3. Agus Sudrajat
26 Mei 2013 Tempat Wisata Di Tasikmalaya

4. Aulia Rahman
Mei 2013 Wisata Tasikmalaya

5. Cevi Agis Firmansyah
Minggu, 26 Mei 2013 Nasi Tutug Oncom Kuliner Khas Tasikmalaya
Rabu, 18 Juni 2013 Menjaga Keseimbangan Alam Dengan Kearifan Lokal

6. Dede Arif Hidayat
Rabu, 12 Juni 2013 Tasikmalaya Takkan Pernah Ku Lupakan

7. Fina Fitriani Amalia
Senin, 3 Juni 2013 Pesona Wisata Kota Santri

8. Iwok Abqary
Senin, 3 Juni 2013 [Wisata Jum’at, 7 Juni 2013 Kuliner Tasikmalaya] Tutug Oncom Naik Kelas
Jum’at, 7 Juni 2013 Menjajal Kuliner Bakso di Tasikmalaya

9. Permana Putra
Kamis, 6 Juni 2013 MENIKMATI PANORAMA SITU GEDE DARI ATAS PERAHU

10. Anep Paoji
Jum’at, 7 Juni 2013 Tasik Kreatif, Cantik Campernik

11. Dahlia Pipit Wahyuni
Sabtu, 8 Juni 2013 Ragam Wisata Rupa Indah Tasikmalaya

12. Ajeng Tria Kusuma Dewi
Juni 2013 Objek Wisata Asik di Tasikmalaya

13. Gun Gun Gunawan
11 Juni 2013 Tasikmalaya Pernah jadi Ibukota Jawa Barat

14. Dani Wibawa
Rabu, 12 Juni 2013 Kotaku Tasikmalaya

15. Ahmad Lukman
Jum’at, 14 Juni 2013 Mengenal Kampung Naga
Juni 2013 Tasikmalaya Memikat

16. Azmy Imaduddin
Jum’at, 14 Juni 2013 Artikel Wisata Tasikmalaya

17. Subhan Agung
Sabtu, 15 Juni 2013 Wisata Agro dan Nuansa Pegunungan di Tasikmalaya

18. Sinta Herdiawati :
Minggu, 16 Juni 2013 [Achtung] Bahaya Jangan Kunjungi Wilayah Tasikmalaya
Jum’at, 14 Juni 2013 Suku Sunda Kampung Naga Jawa Barat
Senin, 27 Agustus 2012 Mengenal Tasikmalaya

19. Yosep Supriatna
Sabtu, 15 Juni 2013 Wisata Tasikmalaya, Pesona Galunggung
Minggu, 16 Juni 2013 Tradisi Dan Kuliner Ramadhan Di Tasikmalaya

20. Kartina Ika Sari
Minggu, 16 Juni 2013 Meeting di Tasikmalaya, Siap Jadi Pengusaha loh !
Kamis, 20 Juni 2013 Tiga Aktivitas Ini, Bikin Meeting Anda Berbeda di Tasikmalaya

21. Usman Kusmana
Selasa, 18 Juni 2013 Tasik Kota Santri : Antara Modernisme dan Spiritualisme

22. Cucu Supriadi
Kamis, 6 Juni 2013 Kota Santri dan Aturan yang Islami

23. Nur Utami Mauli
Kamis, 20 Juni 2013 Wisata Dalam Negeri: Tasikmalaya yang Mempesona

24. Farah Soraya
Kamis, 20 Juni 2013 LIMA SUDUT KEMILAU TASIKMALAYA

25. Asep Sudirman
Wisata Tasikmalaya

26. Jemi Maryam
Senin, 24 Juni 2013 Peran Kuliner Tasikmalaya Menyediakan Konsumsi Sekolah

27. Agnas Setiawan
Jum’at, 5 Juli 2013 Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
Jum’at, 5 Juli 2013 Wisata Kuliner Baso Tasikmalaya
Tasikmalaya, Sang Mutiara dari timur
– Jum’at, 5 Juli 2013 Objek Wisata Situ di Kabupaten Tasikmalaya
– Jum’at, 5 Juli 2013 Wisata Kuliner Baso Tasikmalaya
– Aneka Kerajinan Khas Tasikmalaya
– Bangunan Bernilai Sejarah Di Tasikmalaya (1)
– Wisata Kuliner Tutug Oncom (TO) Tasikmalaya
– Wisata Budaya: Kearifan Lokal Kampung Naga Tasikmalaya
– Pesona Gunung Galunggung
– Manisnya Manggis Tasikmalaya
– Bangunan Bersejarah Di Tasikmalaya (2)
– Wisata Alam di Kota Tasikmalaya
– Menyusuri Eksotisme Perkebunan Teh Taraju
– Belanja Lebaran Asyik di Tasik Kota Resik

28. Ifa Pudja Kusumah
Juli 2013 Kota Santri Cetak Ilmuwan Religi

29. Zeez Al-bantary
Juli 2013 Menyelami Sejuta Pesona Kebudayaan Tasikmalaya

30. Nia K.Haryanto
Kamis, 18 Juli 2013 Tasikmalaya, Kota Resik dengan Segudang Daya Tarik

Muhammad Irfan Ilmy
Kamis, 18 Juli 2013 Harta karun Tasikmalaya

dll

This entry was posted in Kota & Kab Tasikmalaya, Lomba Blog "Hotel Santika Tasikmalaya" 2013 and tagged , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink.

37 Responses to Meningkatkan Potensi Wisata Tasikmalaya

  1. sekarang ini tasikmalaya menjadi salah satu tempat yang sangat menarik untuk dikunjungi, selain pariwisatanya yang banyak, juga didukung oleh aspek yang lain misalnya kuliner, dan aneka kerajinan khas dari tasikmalaya. maju terus tasikmalaya.

    • abdillah says:

      Terima kasih. Tasikmalaya memiliki banyak obyek wisata, kuliner dan kerajinan Tasikmalaya.

  2. aji says:

    Semoga sukses

  3. Wow…
    Very lengkap sekali kang, hehe…

    • abdillah says:

      Terima kasih. Masih belum lengkap, ada artikel yang harus diedit, ditambah foto dan video tentang wisata di Tasikmalaya.

  4. Galih Sasmi says:

    Tasikmalaya disebut juga mutiara hitam priangan timur, karena tasikmalaya menjadi pusat perekonomian yang maju di daerah priangan timur. selain dikenal dengan julukan kota Santri, tasikmalaya juga menyimpan berbagai tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi terlebih lagi khas kulinernya yang super ajiiiib.. Sukses maju terus Tasikmalaya🙂

  5. ika says:

    Meskipun saya bukan warga Tasikmalaya,namun saya salut dengan potensi wisatanya yang beraneka ragam dan menarik…

    • abdillah says:

      Terima kasih komentarnya.

      Saya juga bukan warga Tasikmalaya, tetapi berusaha membantu mempublikasikan tentang wisata di Tasikmalaya.

  6. kantun buat daftar isi dan link ke page pd konten yang ditujukan ^_^

    • abdillah says:

      Membuat Daftar Isi, Link ke Page jika artikelnya lebih dari 1.
      Sekarang saya fokus membuat 1 artikel dulu.

  7. Wisnu Pramadya says:

    Waaahhhh… kereennnn…. sudah seharusnya kita memperkenalkan budaya dan wisata kota kita tercinta. kalo tidak ada yang memulai siapa lagi coba yang akan mengenal kota kita. Tetap semangat dan terus berjuang…!!!!!!!

  8. salam. bagus artikelnya ki. banyak objek wisata yang aku belom tau di tasikmalaya. biar tetanggaan sama ciamis tapi aku baru tau pas baca tulisan kamu. hhe. salut. lanjutkan

  9. Jangan jauh-jauh ke luar kota, Tasik juga gak kalah potensi wisatanya.
    Mantap Gan Informasinya. Jadi mikir-mikir lagi nih liburan ke luar kota.
    ^^

  10. Prito says:

    Wah…. Tasik kota resik…

  11. Iwok Abqary says:

    Mari kita ikut meningkatkan pariwisata Tasikmalaya🙂

    • abdillah says:

      Meningkatan pariwisata Tasikmalaya dengan mengunjungi Obyek Wisata di Tasikmalaya dan mempublikasikannya melalui blog.

  12. muhammadilmy says:

    maaf mau nanya,,,di atas kan ada postingan tentang jumlah peserta lomba,,, ada 15, Nah maksud dll nya itu, berarti ada lagi ? nuhun kang

    • abdillah says:

      15 yang sudah dimasukan data pesertanya oleh saya.
      Dll maksudnya mungkin ada data peserta yang belum saya masukkan.
      Karena lombanya diperpanjang, kemungkinan data pesertanya bertambah lagi.

  13. trabelmeker says:

    kak, saya sudah pukblik artikel saya di blog… kucingpetelur.wordpress.com/2013/06/19/betah-jadi-urang-tasik/

  14. Wuihhh, lengkap banget ulasannya, ga usah broshing banyak ya buat cari info ttg wisata tasikmalaya, cukup buka blog kamu, dah tuntas semua…btw, makasih ya, blog kepersertaan sy dah masuk list🙂

  15. pudja says:

    tasikmalaya memang kaya akan potensi wisata dan kuliner. nice info pak🙂
    saya juga ikut lomba nya, mohon berkenan berkomentar juga disini http://pudjakusumah.blogspot.com/2013/07/kota-santri-cetak-ilmuwan-religi.html
    terima kassih sebelumnya🙂

    • abdillah says:

      Sama -sama. Tasikmalaya memiliki potensi Wisata, Kuliner, Religi, Kerajinan. Mari kita publikasikan Potensi Tasikmalaya melalui blog.

  16. muhammadilmy says:

    http://inginjadidosen.wordpress.com/2013/07/18/318/ baru semalem daftarnya entah masih terdaftar atau tidak….moga aja masih

  17. juned says:

    terimakasih sob udah bagi bagi informasi nya .

  18. ikhsangouse says:

    mantap
    kapan-kapan saya akan kesana mas.
    kunjungi balik kami di Muaro Duo and Pagang Pamutusan Island sumatra barat
    terima kasih

  19. iyas says:

    kalo mau beli sandal langsung ke pengrajin untuk dijual grosir punya alamatnya ga ?

  20. Pika Puspita says:

    kami siap membantu bagi agan-agan yang ingin memesan kerajinan seperti tas mendong, sandal dan kerajianan yang lainnya.
    Contoh Surat Lamaran Kerja

  21. Assalamualaikom dari http://www.youbeli.com/muhamadstore
    Malaysia .Apa khabar semua?
    Ada nomor tel pengusaha sandal tarumpah kulit di Tasik Malaya?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s